[Belajar dari Kesalahan] Ternyata Mengurus Berhenti Langganan Indihome Terasa Susah dan Lama Karena 3 Faktor Ini


Sejauh ini, saya sudah 4 kali punya pengalaman berurusan dengan pihak Indihome. Dua kali mendaftar  pemasangan Wifi baru untuk kantor dan untuk videotron, satu kali pindah turun kuota (downgrade paket) dan satu kali mengurus pemberhentian berlangganan internet. Semuanya karena diutus kantor. Urusan yang ingin diproses dengan Plasa Telkom memang hanya 4 kali tetapi datang ke Indihome lebih dari itu. Berkali-kali terutama terkait dengan pemutusan atau penutupan layanan, bisa 3-4 kali baik menghubungi via telepon atau pun datang langsung. Berbeda dengan pendaftaran memasang baru yang  terasa lebih mudah dan cepat. 


Mengurus berhenti langganan indihome yang pada kasus saya Wifi  dipasang pada videotron terasa susah dan agak menyulitkan karena prosesnya memakan waktu. Jujur, saya merasa letih dan capek datang berkali-kali mengurus ke Indihome. Namun, dari kejadian tersebut saya mendapatkan beberapa pelajaran  mengapa proses mengurus berhenti layanan tersebut terasa sulit, lama dan menjengkelkan yaitu :


1. Mengajukan permohonan di tengah proses pemakaian berjalan 


Sistem Indihome adalah kita memakai internet dulu baru bayar kemudian. Artinya, pemakaian Wifi pada bulan Januari akan ditagih pembayarannya pada bulan Februari. Pemakaian bulan Februari dibayar pada bulan Maret dan begitu seterusnya. Biasanya tagihan akan keluar setiap tanggal 5 setiap bulan. Oleh karena itu, permohonan penutupan layanan tidak bisa langsung di ACC pada tengah bulan karena menunggu tagihan pada bulan berjalanan. 


Kita perlu menunggu tagihan berjalan karena salah satu syarat berhenti berlangganan adalah telah melunasi segala pemakaian. Jadi, kalau mau berhenti langganan, lebih bagus melaporkan awal bulan seperti tanggal 2 atau 3. Customer Service Indihome yang memberitahu saya, kalau ingin berhenti langgananan, sebaiknya saya memang datang mengajukan sebelum tanggal 3-4 bulan berikutnya. Intinya, kalau kamu ingin berhenti buatlah semacam pengingat minimal 1 bulan sebelum hari H. Biar tidak wira wiri ke Indihome. 


Berhubung saya tidak paham hal tersebut dan juga tidak mencari informasi dulu bagaimana cara berhenti langganan Indihome, saya harus pulang membawa tangan hampa. Pengajuan berhenti belum bisa diproses. 


2. Tidak berinisiatif mematikan perangkat atau mencabut kabel


Kesalahan berikutnya yang membuat pengurusan berhenti langganan Indihome kantor saya jadi susah adalah karena kami tidak menonaktifkan perangkat terlebih dahulu. Saya dan rekan saya yang lainnya sama sekali tidak mengerti. Akibatnya, layanan Indihome yang semula diniatkan cuma untuk bola dunia saja sampai bulan Agustus malah lewat jauh sampai bulan November. Padahal internetnya tidak terpakai sama sekali tetapi tetap ada biaya yang dikenakan. 


Saya beranggapan, pegawai Indihome yang memasang perangkat dan kalau berhenti mereka juga yang melepaskan. Saya baru ngeh saat pihak Indihome bertanya dimana perangkatnya, apakah saya bawa. Memang teknisi mereka bisa membantu melepaskan tetapi harus menunggu jadwal diproses. Saya mendapatkan informasi dari yang saya baca, kalau memang berniat berhenti, pelanggan sebaiknya mematikan dulu agar tagihan tidak berjalan terus lanjut pada bulan berikutnya. Katanya kalau perangkat dicabut berarti tidak ada aktifitas pemakaian yang terbaca.

 

Nanti setelah pemberhentian selesai, tinggal ambil atau mengembalikan perangkat saja lagi kepada Indihome. Menurut pemahaman saya, ini merupakan cara berhenti langganan secara sepihak oleh pelanggan baik karena mau pindah rumah, internet tidak terpakai lagi atau pun karena ingin pindah provider lain. Namun, pelanggan tetap melaporkan secara resmi kepada pihak Indihome agar pemutusan dan pemberhentian menjadi absah.


Oya, berdasarkan pasal 2 kotrak berlangganan Indihome tentang pengakhiran kontrak berlangganan bahwa pelanggan dapat mengakhiri kontrak secara sepihak tetapi harus memberitahukan terlebih dahulu paling lama 14 hari hari kerja sebelumnya. Namun, pelanggan tetap bertanggung jawab untuk melunasi seluruh tagihan dan tunggakan biaya layanan yang ada.


3. Masih belum melunasi tunggakan atau mengulur-ulur waktu


Nah, faktor ketiga ini yang mungkin paling banyak dialami oleh pelanggan. Umumnya, kasus yang terjadi berawal dari ketidaktahuan dan tidak sadar. Maksud saya, pelanggan ada yang berpikir kalau internetnya tidak dipakai berarti mereka tidak perlu membayar atau tidak ada tagihan. Padahal akun mereka masih tercatat aktif di Indihome. Waktu saya mendaftar Indihome pertama kali, saya sempat menyaksikan ada laki-laki muda yang bersitegang dengan customer service soal tunggakan. Si laki-laki mengatakan sudah beberapa bulan ini tidak memakai internetnya, kok ada tagihan menunggak. Tunggakan beberapa bulan yang membuatnya terkejut dan enggan membayar. 


Pihak Indihome menjelaskan walaupun internet tidak dipakai tetapi alat masih aktif tercatat berarti pelanggan masih aktif dan akan tetap ada tagihan sebesar nominal tertentu. Jika ingin mengurus berhenti langganan, maka mau tidak mau tunggakan tersebut harus dilunasi. Konsekuensinya, jika tidak dibayar tagihan akan bertambah terus karena waktu terus berjalan. 


Jangan sampai ketidaktahuan atau ketidakpahaman soal aturan layanan malah mempersulit kita. Pada kasus saya, berhubung kendala finansial pelunasan tagihan yang menumpuk telat bayar. Butuh waktu untuk melunasi semuanya baru bisa berhenti. Ini yang membuat proses permohonan berhenti langganan Indihome menjadi tertunda dalam jangka waktu beberapa bulan. 


Sebelum mendaftar pasang baru Indihome, pahamilah syarat-syarat dan ketentuan yang ada. Jika ada yang kurang dipahami, sebaiknya ditanyakan terlebih dahulu. Dulu waktu mendaftar saya dan pihak kantor tidak terlalu banyak tanya dan mengikuti saja semua proses pendaftaran. Asal cepat dipasang saja internet dan teleponnya. Alhasil, malah merugikan dari segi waktu dan uang di kemudian hari saat mengajukan berhenti langganan. 


Dari pengalaman mengurus berhenti langganan Indihome tersebut saya mengambil pelajaran bahwa andai saja saya mematikan alat yang dipasang ketika Bulan Agustus, mengajukan permohonan pada tanggal yang tepat dan bos saya segera melunasi tunggakan, maka kerumitan itu pasti tidak ada. Kantor juga tidak perlu membayar bulan September, Oktober dan November. Saya hanya perlu datang sekali ke Indihome atau paling banter datang dua kali. 


Saya berkesimpulan, perasaan menjadi sulit dan susah mengurus berhenti langganan ternyata juga dipengaruhi oleh tindakan dan pemahaman pelanggan. Bukan karena kesalahan Indihome semata. Jika kamu memiliki pengalaman berbeda saat proses penonaktifan akun Indihome, yuk berbagi informasi dan pengalaman di kolom komentar. 


Jika kamu belum pernah membaca syarat dan ketentuan baik pemasangan baru atau pun berhenti langganan, kamu bisa membaca di situs resmi Indihome

Subscribe to receive free email updates: