Apa Yang Terjadi Jika Dividen Tidak Diambil Oleh Pemegang Saham? Ini Pengalaman Saya dan Penjelasannya



Hm, pada kesempatan ini saya ingin mengulas sebuah pertanyaan yang menurut saya unik yaitu apa yang terjadi jika dividen tidak diambil oleh pemegang saham? Mengapa saya bilang unik karena umumnya orang akan antusias menunggu waktu pembayaran dividen. Apalagi bagi seorang pemula. Saya bahkan sampai mencatat tanggalnya agar ingat. Pada hari pmbayaran bahkan saya melakukan pengecekan berkali-kali untuk memastikan apakah dividen sudah masuk ke RDN saya atau belum. 

Saya sebenarnya sedikit bingung juga dengan pertanyaan ini. Mungkinkah dividennya dibiarkan begitu saja, memang lupa atau tidak mengetahui karena jarang membaca berita. Terlepas dari hal yang melatarbelakangi, disini saya hanya ingin menjawab pertanyaan apa yang terjadi jika dividen tidak diambil pemegang saham?


1. Tidak terjadi apa-apa asalkan didiamkan tidak lebih dari 5 tahun

Jawabannya : biasanya tidak ada terjadi apa-apa.  Juga tidak ada hilang asalkan membeli saham yang masih terdaftar di BEI, membelinya melalui sekuritas legal dan tidak didiamkan lebih dari 5 tahun.  Serius? Iya beneran, saya pernah mengalami sendiri. 

Beberapa bulan yang lalu saya sangat jarang membuka akun saham, juga tidak melihat berita. Ketika saya melihat histori transaksi di akun, saya kaget ternyata saya dapat dividen dari salah satu saham. Walau saya terlambat mengetahui maka tidak menimbulkan masalah apa-apa. Uang dividen juga tidak hilang dan tetap aman di RDN saya.


2. Akan berpindah jika didiamkan lebih dari 5 tahun dan ditarik kembali oleh perusahaan jika didiamkan lebih dari 10 tahun

Ini adalah ketentuan dari Undang-Undang No.4 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas pasal 73 ayat 1, 2 dan 3 dimana secara rinci disebutkan bahwa : 

1. Dividen yang tidak diambil setelah 5 (lima) tahun terhitung sejak tanggal yang ditetapkan untuk pembayaran dividen lampau, dimasukkan ke dalam cadangan khusus.
2. RUPS mengatur tata cara pengambilan dividen yang telah dimasukkan ke dalam cadangan khusus sebagaimana dimaksud pada ayat (1)
3. Dividen yang telah dimasukkan dalam cadangan khusus sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan tidak diambil dalam jangka waktu 10 (sepuluh) tahun akan menjadi hak Perseroan. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, sudah sangat jelas sekali ya guys. Jadi, mengapa harus membiarkan dividen tidur di akun begitu saja. Dividen kan berupa sejumlah uang apalagi kalau beli saham dalam jumlah banyak tentu jumlah dividen yang didapat juga banyak. Sayang sekali bukan kalau tidak dimanfaatkan? Kalau lupa akun, ya kan bisa diurus dengan sekuritas. 


***

So, apa yang terjadi jika dividen tidak diambil pemegang sahamKalau dividen tidak diambil asalkan tidak lebih dari 5 tahun maka dana dividen tersebut akan tetap tinggal di akun saham yang bersangkutan. Nantinya bisa dipakai kembali untuk menambah modal beli saham. Justru kalau dividen tidak diambil maka bisa memperbesar modal. Dividen dan laba adalah return investasi saham yang jika tidak ditarik untuk dinikmati buat belanja maka akan  membuat modal jadi berlipat ganda. 

Pada hari pembayaran, dividen akan masuk secara otomatis ke Rekening Dana Nasabah setiap pemegang saham. Baik yang memegang saham satu lot atau jutaan lot, sama-sama mendapatkan divide asalkan tercatat maksimal pada tanggal cumdate yang telah diinformasikan. 

Jadi, terserah masing-masing para pemegang saham mau diapakan jatah dividennya. Apakah dividennya mau diambil atau ditarik ke rekening pribadi buat membeli sesuatu,  dibiarkan saja di RDN ataupun langsung dibelikan saham baru. Nah, demikianlah jawaban saya tentang pertanyaan apa yang terjadi jika dividen tidak diambil pemegang saham?. Semoga bermanfaat buat pembaca. []