Apa Keuntungan Dari Investasi Saham? Ini Yang Pernah Saya Dapatkan dan Nikmati




Keuntungan investasi saham
memang sangat menarik untuk dibahas. Saya sendiri juga sangat antusias. Terlebih ketika di awal-awal saya mempelajari tentang saham, saya begitu senang membaca kisah-kisah orang yang memperoleh laba besar di pasar modal. Orang-orang yang telah sukses. Hal ini selain sebagai motivasi, juga salah satu faktor yang bisa membuat saya yakin ikut dalam pasar saham.

Dulu awalnya saya pikir menikmati keuntungan investasi saham hanya mimpi belaka dan angan-angan saja. Ternyata semua orang juga bisa mendapatkannya walaupun dengan jumlah dan porsi yang berbeda. Walaupun belum seberapa dan tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan mereka yang telah sukses, saya sudah sangat bersyukur. Minimal saya sudah berhasil membuktikan bahwa cuan dari saham itu nyata dan beneran ada. 

Nah, mungkin teman-teman calon investor pasar modal ataupun para pemula penasaran apa saja sih keuntungan investasi saham yang bakal kita dapatkan? Sepanjang 3 tahun saya bergabung di pasar modal, ada dua keuntungan investasi saham yang pernah saya dapatkan yaitu : 


1. Laba saham adalah selisih antara harga jual dengan harga pada waktu membeli. 

Dalam dunia pasar modal, laba ini dikenal dengam istilah capital gain. Ini adalah keuntungan paling utama yang diharapkan semua orang yang terjun ke pasar saham. Tidak jauh berbeda dengan berdagang di pasar traditional, seorang pedagang berusaha membeli barang dengan modal rendah kemudian menjual ketika harga tinggi. Selisih inilah yang menjadi keuntungan.

Sebagai pemula, capital gain yang pernah saya dapatkan belumlah banyak tetapi saya sangat bersyukur. Alhamdulillah saya sudah bisa mendapatkan walau masih berkisar di antara Rp 200.000, Rp 300.000 dan Rp 600.000. Hal ini karena modal saya masih kecil dan saya juga belum bisa menunggu lama-lama. Dapat untung 8% sudah saya jual.


2. Dividen saham adalah laba perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang saham. 

Setiap pemegang saham berhak mendapatkan laba ini asalkan tercatat namanya pada tanggal cum date dividen saham. Jumlahnya sesuai dengan berapa lot saham yang dimiliki. Makin banyak lot yang dimiliki maka makin besar jumlah dividen yang didapat.

Dividen yang saya dapatkan selama 3 tahun ini diantaranya dari saham SIDO, UNTR, ITMG, TLKM dan lainnya. Untuk nominal dividennya sangat beragam tergantung sahamnya. Kemudian besaran dividen setiap tahun juga berbeda. Misalnya saja, pada tahun 2023 UNTR membagikan dividen Rp 600.000 per lot dan pada tahun 2024 ini dividennya Rp 150.000 per lot.

Oya, tidak semua saham yang akan membagikan dividen ini. Pada beberapa kasus, saya ada yang memang sengaja membeli suatu saham dengan harapan bisa mendapatkan capital gain sekaligus dividen. Namun, pada kasus lain saya juga ada yang membeli saham dengan tujuan hanya mendapatkan laba saja karena saham tersebut tidak pernah membagikan dividen. 


***

Oya, saya ingin teman-teman tahu bahwa keuntungan investasi saham bukanlah jalan pintas menjadi kaya raya. Jika ada yang menjanjikan cepat kaya melalui investasi saham, maka sebaiknya waspada dan hati-hati. Mentor saya mengatakan butuh waktu rata-rata 10 tahun ke atas baru seseorang sukses di pasar saham. Terlepas dari benar atau tidak, ini dimaksudkan bahwa saham bukanlah jalan instan untuk mendapatkan harta fantastis dalam waktu singkat.

Saya menyadari bahwa keuntungan investasi saham berbanding lurus dengan jumlah modal. Jika jumlah modal banyak, nominal keuntungan yang diperoleh juga akan banyak. Namun, juga jangan lupa kalau saham merupakan investasi dengan tingkat resiko tinggi sehingga nilai kerugian yang diderita oleh investor kelas kakap juga akan besar. 

Terakhir, saya akui memang asyik dan menyenangkan kalau membahas keuntungan investasi saham. Akan tetapi, pasar saham itu tidak hanya menjanjikan kentungan tapi juga ada resiko rugi. Oleh karena itu, jangan terlalu terpaku pada untung saja. Pelajari juga resikonya. []