4 Cara Serta Tips Mendapatkan Harga 99 Rupiah di Shopee


Ceritanya kemaren saya penasaran dengan salah satu fitur Shopee yaitu diskon brand populer. Berhubung saya berniat membeli madu, saya pun mencari  al shifa natural honey di fitur tersebut dan tanpa sengaja saya malah mendapatkan harga 99 rupiah untuk susu UHT jika membeli kombo hemat. Harga susu ini sebenarnya tertulis Rp.6.800 tapi saya hanya perlu membayar tidak sampai Rp.100 perak. Lumayan juga dapat potongan besar dan membeli dengan recehan, pikir saya. 


Berawal dari kejadian tersebut saya pun jadi penasaran bagaimana cara mendapatkan harga 99 rupiah di Shopee. Selama ini saya sudah sering melihat tapi tidak begitu tertarik karena umumnya barang yang ditawarkan belum saya butuhkan. Akhirnya saya coba obrak abrik Shopee untuk menemukan promo unik ini mana tahu ada barang yang cocok dan saya perlukan. Saya menuliskannya di postingan ini mana tahu ada juga teman-teman yang penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut. 



Apa arti harga 99 rupiah ?




Harga 99 adalah sebuah strategi promosi yang dimiliki oleh e-commerce untuk menarik minat lebih banyak konsumen berbelanja di tokonya. Promo dengan harga unik ini bisa juga untuk mempertahankan loyalty pelanggan yang sudah lama bergabung sehingga tetap setia melakukan transaksi. 


Arti harga 99 rupiah adalah harga yang diperoleh setelah sebuah produk diberikan diskon yang pada umumnya sebesar 99 %. Setelah saya amati, pada beberapa kasus, harga 99 rupiah tidak selalu dengan diskon 99 % tapi harga tersebut juga bisa diperoleh dengan diskon 98 %, 97 %, 95 % bahkan 67 %. Dengan kata lain, jumlah diskonnya bisa berubah dan bermacam-macam tapi hasil akhir harga setelah diberikan potongan sama-sama 99 rupiah. 


Namun, setelah saya coba kalikan ternyata banyak sekali hasilnya tidak persis pas di angka Rp 99. Contohnya, dalam kasus susu UHT saya tadi dimana harga normalnya adalah Rp.6.800 kemudian ada tulisan didiskon sebesar 99 % sehingga menjadi Rp 99. Rumus sederhana diskon adalah harga sebelum diskon - (besaran diskon x harga sebelum diskon). 


Perhitungannya susu UHT tadi seperti ini : Rp.6.800 - (99 % x Rp.6.800) =Rp.6.800 - Rp 6.732 = Rp 68. Kemudian contoh sesuai gambar di atas, kalung liontin harga aslinya Rp 15.960 dan diskon 99 % maka perhitungannya adalah Rp 15.960 - (99% x Rp 15.960) = Rp.15.960 - Rp 15.800.4 = Rp 159.6.  Terus untuk pupuk NPK Mutiara 16-16-16 maka perhitungannya : Rp 2.000 - (95 % x Rp 2.000) = Rp. 2.000 - Rp 1.900 = Rp.100. 


Kesimpulan saya, harga promo tersebut merupakan simbol promosi semata atau bagian dari harga psikologis. Promosi yang meninggalkan kesan bombastis dan fantantis. Harga psikologis adalah sebuah jenis promosi dimana secara tidak langsung mempengaruhi psikologis konsumen. Konsumen umumnya memang cepat tanggap segala yang berbaur diskon 90 % nan. Tak heran di halaman flash sale yang bertuliskan Rp99, di dalamnya tidak harga 99 rupiah saja melainkan ada harga berbeda yang tetap mengusung angka 99 yaitu Rp 999, Rp 199, Rp 4.999 dan Rp 9.999.  


Terlepas dari cara perhitungan dan strategi e-commerce tersebut, sebagai konsumen tentu fokus kita pada diskon dan harga penjualannya. Bukan pada bagaimana cara mereka mengalikan diskon. Perkalian di atas saya coba karena penasaran saja dari mana muncul angka 99 tersebut :-)

 


Produk apa saja yang harganya 99 rupiah


Banyak, hampir semua kategori produk yang biasa ada pada belanja umumnya. Misalnya, perlengkapan rumah tangga, elektronik, alat dan produk kecantikan, dekorasi, makanan dan minuman, fashion pria & wanita, perhiasan, komputer dan aksesoris, obat dan herbal, fashion bayi dan anak, hobi dan koleksi, buku, souvenir, pakaian muslim dan lainnya.

 

Selain barang berbentuk fisik juga ada produk non fisik seperti voucher elektronik, jasa atau layanan tertentu, buku elektronik dan sebagainya. Perlu diperhatikan bahwa pada saat terjadi promo ini jenis produk yang ditawarkan biasanya sering berubah alias diacak secara random. 



Apakah produk harga 99 rupiah gratis ongkir?


Ya, bisa gratis ongkir sebagaimana belanja biasanya asalkan transaksi kamu memenuhi syarat tertentu. Misalnya, ketika sedang ada voucher free pengiriman saat ada promo minimal belanja Rp 0. Rata-rata dari pengalaman konsumen bisa mendapatkan free biaya pengiriman namun tergantung ketentuan pada saat kamu belanja karena promo bebas biaya pengiriman Shopee selalu berubah dan terus di update. 


Berhubung harga produk yang cuma 99 rupiah tentu sayang sekali kalau harga jasa ekspedisinya jauh lebih besar. Daripada mengandalkan voucher gratis ongkos kirim dengan minimal belanja 0 rupiah yang jarang sekali diadakan, saran saya jika tetap ingin mendapatkan potongan biaya pengiriman maka tambahlah nominal belanja di toko tersebut. Mungkin ada barang lain yang kamu butuhkan hingga total nominal belanja kamu memenuhi syarat batas minimal untuk mengklaim voucher bebas pengiriman. 



Cara mencari barang receh seharga 99 rupiah 


Saatnya membahas tentang masalah utama dari artikel ini yaitu bagaimana mendapatkan produk dengan harga promo fantastis dan bombastis tersebut? 


1. Flash Sale berlogo Rp99



Saya perhatikan, di halaman home Shopee ada menyediakan kategori produk obral serba 5 ribu dan 10 ribu sehingga mudah ditemukan. Berbeda dengan promo harga recehan ini, pihak Shopee tidak membuat kategori khusus di halaman home sehingga konsumen kebingungan dimana mencarinya. Satu-satunya petunjuk yang jelas hanyalah di halaman flash sale dimana ada tulisan Rp99. 


Ketika mengklik tulisan tersebut mungkin teman-teman pemula kebingungan. Ya, harga yang tertera disana tidak semuanya Rp 99 tapi ada yang Rp 999, Rp 199, Rp 4.999, Rp 9.999 dan masih banyak lagi. Beragam. Oleh karena bervariasi, maka teman-teman harus scroll terus ke bawah dan menyaring mana saja yang harganya paling murah. 


Pada tanggal 24 November 2020 jam 10.57 WIB saya menemukan ada 15 item produk flash sale dengan 99 rupiah yaitu trigger gaming gen 3 -L1R1 Joystik, mainan cincin kartun lampu LED, brush eye shadow, ikat rambut elastis, amigo pulpen gel 0.5 mm aksen kepala kelinci, kaos kaki low cut motif garis, my bottle persegi, dommo travel bag organizer, piring rotan anyam plastik, mainan boneka emoji goyang untuk dekorasi, kalung liontin hati, saringan santan plastik, pupuk NPK Mutiara, pelindung kabel handphone dan gantungan baju tempel, 


2. Mengetik keyword 99 rupiah di kolom pencarian



Sebagaimana yang telah saya singgung, satu-satunya petunjuk yang jelas tentang keberadaan harga receh ini ya di halaman flash sale tadi. Namun, sebagai konsumen yang ingin belanja hemat, maka bisa mencoba alternatif lain. Iseng-iseng saya ketik kata kunci 99 rupiah di kolom pencarian dan menemukan 9 produk dengan harga tersebut. 


Diantara barang tersebut yaitu masker, peci haji, ikat rambut, voucher give away, siwak albaraka, link jastip, buku dzikir pagi petang, tanaman hias dan tasbih kayu. Saya perhatikan, untuk promo harga 99 rupiah melalui kolom pencarian ini adalah inisiatif dari penjual. Jadi, konsepnya tidak sama dengan sistem flash sale.  Lebih santai dan tidak seperti diburu waktu. Seperti peci haji ternyata orangnya memang dalam rangka berbagi dan harga tersebut tidak dibatasi dalam satu hari saja.


3. Rp99 Kombo Hemat

Promo yang bertanda kombo hemat sebenarnya adalah fitur yang disediakan oleh penjual yang bertujuan meningkatkan penjual. Sebagaimana diketahui, potongan diskon diberikan untuk pembelian produk kedua di toko yang sama dalam satu transaksi keranjang belanja. Selain kombo hemat, penjual juga memberikan hadiah gratis atau gift. 


Berhubung pemberian diskon ini bersifat personal oleh seller tertentu, maka tidak ditemukan kategori khusus di home page Shopee untuk paket Kombo Hemat. Cara untuk menemukan promo ini adalah dengan menggunakan kata kunci Kombo Hemat di kolom pencarian. Kamu akan menemukan besaran harga diskon yang beragam dan berubah-rubah. Tapi bukan mustahil mendapatkan harga Rp 99 jika aktif memeriksa setiap hari promo yang ada. Seperti saya kemaren cuma membuka diskon di brand populer tapi malah ketemu promo Rp 99 Kombo Hemat.  


4. Cek Promo Shopee Live


Selain tiga cara diatas, ternyata harga Rp 99 juga ditawarkan melalui Shopee Live. Saya tadinya cuma iseng buka aplikasi Shopee. Pas berada di halaman depan saya scroll terus ke bawah dan saya melihat ada promo " Borong Produknya, Mulai Rp99 aja". Mungkin ini kebetulan saja atau memang selalu ada saya kurang mengetahui pasti. 


Berhubung halaman ini berisi video live agak berat diakses melalui HP saya, biasanya saya lihat judul saja. Kalau ada yang menarik baru dibuka. Kalau dalam kasus saya tadi ada promonya berarti teman-teman juga bisa mendapatkan. Walau waktunya kurang pasti, dengan rajin cek halaman ini siapa tahu kamu beruntung. 


***


Tips khusus yang perlu diperhatikan dalam berburu barang harga 99 rupiah di flash sale Shopee agar menjadi menang yaitu : 


1. Ketahui jadwal promo. Dalam beberapa bulan terakhir, Shopee hampir setiap hari mengadakan flash sale tapi tidaklah setiap waktu. Melainkan ada jdawal tersendiri secara khusus. Dalam 24 jam terdapat 4 sesi yaitu pada jam 00.00 WIB, jam 13.00 WIB, 18.00 WIB dan 21.00 WIB. Artinya, kamu hanya bisa mendapatkan harga murah melalui fitur flash sale ini pada jam-jam tersebut. 


2. Cek produk dan buat reminder. Faktanya adalah tidak semua produk yang dipromosikan dengan harga recehan tersebut kamu butuhkan. Saran saya, silahkan cek terlebih dahulu apa saja yang cocok dan diperlukan. Pada halaman flash sale kamu bisa melihat promo produk yang sedang berlangsung serta yang akan datang. Jika kamu menemukan barang incaran di sesi promo berikutnya, maka klik tulisan "Ingatkan Saya" agar kamu mendapatkan reminder beberapa saat sebelum promo dimulai.


3. Akun sudah siap untuk dipakai. Tips selanjutnya adalah kamu sudah memiliki akun yang fix sebelum mengikuti promo 99 rupiah. Misalnya, alamat pengiriman sudah pasti dan tidak salah. Begitu juga, rencana untuk pilihan jenis pembayaran. Jika kamu ingin menggunakan ShopeePay, pastikan saldo sudah di top up sebelum promo dimulai. Menginput alamat dan bingung memilih alat pembayaran akan memakan waktu sehingga dikhawatirkan kamu akan ketinggalan. 


4. Pastikan koneksi internet kamu cepat. Sesuai dengan slogan flash sale yaitu siapa yang cepat dia yang dapat, maka kunci utamanya terletak pada kecepatan. Selain kecepatan tangan membuat transaksi, juga butuh dukungan kecepatan internet. Internet yang lelet akan membuat loading halaman menjadi lambat sehingga sesi promosi bisa kehabisan. 


 5. Posisikan langsung di halaman flash sale. Pastikan HP kamu sudah login aplikasi Shopee dan sudah berada halaman flash sale Rp 99 beberapa menit sebelum dimulai. Jangan di home page. Karena jika di home page kamu perlu waktu untuk membuka halaman flash sale. Meski cuma klik-klik beberapa kali tapi itu bisa membuat kamu rugi waktu beberapa detik. Karena sudah berada di halaman tersebut, maka kamu tinggal klik beli ketika waktu promonya mulai dibuka.  

 

6. Perbesar peluang dengan membeli stok produk terbanyak. Bagi kamu yang selama ini mungkin sering gagal mendapatkan promo ini, cobalah memilah produk yang ada mana yang stoknya masih tersedia dan banyak. Perlu diketahui bahwa stok promosi masing-masing barang berbeda, ada yang cuma 5, 10, 20 dan ada yang sampai 300. Jika kamu membeli produk promo yang jumlahnya banyak, maka peluang kamu makin besar. Produk dengan stok 100 orang pertama lebih besar kesempatan mendapatkannya daripada produk dengan stok 5 pcs. 


7. Cek berapa banyak yang menekan tombol pengingat. Disamping tips no.6, untuk memperbesar peluang memenangkan promo ini adalah dengan meneliti jumlah pembeli yang berminat dengan produk tersebut. Bagaimana cara menelitinya? Mudah, cukup cek berapa orang yang sudah menekan tombol pengingat. Makin banyak yang menekan tombol pengingat berarti makin banyak orang yang menginginkan produk tersebut. Sebaliknya, makin sedikit yang menekan tombol pengingat berarti makin sedikit juga peminat produk tersebut. 


8. Gerak cepat.  Konsep flash sale adalah siapa cepat dia dapat. Waktunya terbatas dan kuota vouchernya atau stok produk yang ditawarkan juga terbatas. Oleh sebab itu dikenal juga dengan sebutan hot deal. Seperti lomba lari dan para pemenanglah yang mendapatkan harga tersebut. Dalam telusuran saya pada tanggal 24 November pukul 11.10, produk kategori flash sale 00.00 waktu produk habis terjual juga beragam ada yang dalam hitungan menit hingga jam. Pada jam dan tanggal tersebut produk yang paling cepat habis adalah my bottle persegi dimana ludes dalam waktu 2 menit saja. 


***


Jika kamu tipikal yang suka kepastian dan paling tidak suka bergantung pada keuntungan yang tidak pasti, mungkin enggan ikut promo untuk mendapatkan harga 99 rupiah ini.  Meski demikian, bukan berarti tidak berharap sama sekali. Berharaplah semoga suatu hari mendapatkan promo fantastis. 


Sebagaimana cerita saya di awal artikel ini, saya mencari madu dan mendapatkan harga 99  rupiah di Shopee tanpa sengaja. Itu saya namakan merupakan sebuah keberuntungan tak terduga. Tanpa perlu saya bersaing dan tanpa ikhtiar gerak cepat mengejarnya, dia datang sendiri kepada saya. Semoga kamu keberuntungan juga menghampiri kamu ya.  


Subscribe to receive free email updates: