Pengalaman Kartu ATM BCA Tertelan atau Tertinggal di Mesin ATM

Atm, Mesin, Menggunakan, Layar, Sentuh, Penggajian

Beberapa bulan lalu saya mengalami kejadian yang cukup langka yaitu kartu ATM BCA tertelan atau tertinggal di dalam mesin ATM. Pada pagi itu saya berniat membeli pulsa melalui ATM dan ketika saya melakukan klik menu pilihan tiba-tiba mesin tidak merespon. Berulangkali saya pencet tombol menu yang ada tetap tidak bisa. Membatalkan transaksi biar kartu keluar juga tidak ada respon mesinnya. 


Daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, akhirnya saya berinisiatif memanggil satpam dan menanyakan apa yang terjadi. Soalnya rasanya saya tidak ada melakukan kesalahan apa-apa, pagi harinya juga sudah ke ATM yang sama dan transaksi lancar tanpa masalah.


Saya digiring ke dalam kantor bank BCA untuk mendapatkan informasi lanjutan. Sementara itu, satpam mengawasi mesin ATM yang bermasalah tersebut. Petugas bank menjelaskan bahwa tidak diketahui pasti apa penyebabnya tetapi dalam kebanyakan kasus kartu ATM tertelan karena mesin yang sedang eror.


Ya, meski sedikit merugikan dari segi waktu untuk mengurusnya, yang namanya mesin eror mau tidak mau harus dimaklumi. Saya sendiri memakai ATM sudah sekitar 14 tahun, khusus BCA baru 7 tahunan. Selama itu, baru kali ini kejadian kartu ATM tertelan atau tertinggal di dalam mesin.


Untuk mengurus dan mengambil kembali kartu yang tertelan mesin tersebut saya harus menunjukkan KTP dan Buku Rekening BCA. Berhubung saya hanya membawa KTP di dompet, akhirnya saya terpaksa harus pulang untuk mengambil Buku Rekening BCA.


Setelah menunjukkan KTP dan Buku Rekening barulah masalah kartu saya yang tertelan diproses. Saya diminta menunggu beberapa saat kemudian kartu ATM BCA kembali ke tangan saya. Setelah itu langsung saya coba transaksi dan semuanya berjalan dengan baik sebagaimana biasanya.


Dari pengalaman ATM BCA saya tertelan tersebut, di post ini saya sekaligus mencoba menjawab beberapa pertanyaan dari teman-teman yaitu :


1. Apakah aman jika kartu ATM tertelan?

Secara umum, kartu ATM tertelan adalah hal yang biasa terjadi dan tidak dapat dihindari. Secanggih-canggih mesin pasti tidak sempurna, pasti ada eror. Jika kartu tertelan karena mesin mengalami gangguan biasanya aman. Namun, hal yang harus diwaspadai yang membuat kartu menjadi tidak aman adalah meninggalkan kartu tanpa ada yang menjaga. Jika tidak ada teman, cobalah memanggil satpam agar kartu yang tertelan di dalam mesin tetap ATM aman dari tangan-tangan yang tidak diharapkan.


Sebagaimana yang diberitakan, kartu tertelan juga bisa terjadi karena ulah komplotan pencuri dengan cara mengganjal ATM. Polisi telah menghimbau masyarakat jika ada masalah di ATM sebaiknya menghubungi call center bank agar dilakukan pemblokiran sehingga saldo yang ada tidak dapat digunakan pihak lain.


Oya, dari segi tampilan fisik, kartu saya tidak ada lecet sedikitpun atau patah dan tetap seperti sebelum tertelan. Jangan khawatir, kartu ATM tertelan bukan berarti kartu kamu hilang dan kamu juga tidak perlu membuat rekening baru.


2. Jika ATM tertelan, apakah saldo aman?


Sesuai pengalaman saya di atas, saldo di rekening saya tetap utuh, aman dan tidak ada yang hilang. Namun, jika kartu tertelan disaat kamu sedang memencet tombol penarikan dan uang tidak keluar,  sebaiknya memberitahu staf bank mengenai hal tersebut. Karena tertelan terdapat dua kemungkinan, memang mesin eror atau mesin ATM telah dimodifikasi oleh oknum penjahat untuk mencuri uang nasabah.


Soalnya kabarnya ada yang uangnya hilang atau saldo berkurang saat kartu ATM tertelan, sepertinya ada kendala serius seperti masalah eror dan jaringan. Biasanya bank tidak lepas tangan dan bisa melakukan pengecekan riwayat transaksi kamu. Hal yang penting adalah segera melaporkan kejadian kepada pihak bank. Akan tetapi, jika uang kamu hilang saat ATM tertelan karena modus ganjal ATM komplotan pencurian, kamu mau tidak mau akan berurusan dengan pihak kepolisian. Ini sudah masuk ke dalam ranah hukum.


3. Apa yang harus dilakukan jika kartu ATM tertelan atau tertinggal di dalam mesin ATM?


Baik kartu ATM tertelan di mesin ATM yang sama dengan rekening, di ATM Bersama ataupun di ATM bank lain, langkah pertama adalah tidak meninggalkan kartu begitu saja dan langsung memberitahu pihak bank maupun satpam yang bertugas. Sebaiknya juga tidak mencoba mengeluarkan sendiri ATM yang tertelan tersebut apalagi merusak mesin, serahkan kepada bank karena mereka yang berpengalaman dan berwenang dalam menangani kasus tersebut. 


Setelah menghubungi petugas bank, kamu tinggal menunggu instruksi dari mereka mengenai cara mengambil kembali kartu kamu. Seperti saya di atas disuruh memperlihatkan rekening dan juga KTP.


Jika kamu memiliki pengalaman yang berbeda saat kartu ATM tertelan baik kartu BCA, BRI, BNI atau Mandiri yuk berbagi di kolom komentar.


Subscribe to receive free email updates: